Thursday, June 20, 2013

Muhasabah Diri (Mengaca Diri sendiri)

SamidCorner (Tegal) – Pembaca yang budiman. Saya ingin bertanya kepada anda. Masalah apakah yang anda dapatkan hari ini? Atau malah anda saat ini sedang sibuk dengan masalah yang tak kunjung usai? Ya, begitulah masalah. Jika kita ingin memahami dan mau paham bahwa hidup itu adalah masalah. Bagaimana kita mencari cara untuk hidup, bagaimana kita mencari solusi untuk menjadi sejahtera , menjadi bahagia. Ya, itulah hidup penuh dengan masalah.

Jika kita sudah menyadari bahwa masalah adalah bagian dari hidup ini, tentu tak perlu merasa terbebani atau bahkan merasa tertekan dengan berbagai masalah yang datang silih berganti. Masalah sebenarnya adalah resiko bagi kita yang ingin hidup di dunia. Lalu bagaimana masalah itu muncul?

Menurut saya pribadi masalah yang besar dan sangat membebani kehidupan kita sejatinya adalah masalah yang kita buat sendiri. Kita sering berbuat salah dengan orang lain tentu secara otomatis kita juga yang akan disusahkan orang lain. Kita jahat dengan orang lain tentu saja kita sendiri  yang akan dijahati oleh orang lain. Begitu juga  sebaliknya kita selalu jahat dengan perintah Tuhan, maka janganlah merasa Tuhan itu jahat dan berpikir Tuhan itu tidak berperasaan.

Mengaca pada diri sendiri

Masalah adalah buah dari aksi diri kita. Masalah adalah reduksi dari tindakan yang kita lakukan. Masalah adalah energi yang kembali kepada kita dari energi negatif yang kita pancarkan  untuk orang lain. Jadi, untuk mengatasi masalah yang mendera tidak perlu repot dan bersusah payah. Lihatlah dahulu apa yang sudah kita lakukan untuk orang lain, untuk makhluk Tuhan yang lain bahkan kepada Tuhan yang telah menciptakan alam semesta.

Baik kah tingkah laku kita. Sudah sesuai aturankah langkah kita. Atau bahkan penuh dengan noda dan kecacatan yang kemudian menghadirkan “feedback” yang buruk bagi kita. Semakin baik diri kita kepada orang lain makin baik pula “feedback” yang kita terima. Semakin buruk tindakan kita semakin buruk pula buah yang akan kita petik.


Jadi, intinya adalah jadilah orang yang selalu mengaca pada diri. Lihatlah semua tindakan yang kita lakukan,  ukurlah setiap langkah sebelum kita bertindak. Agar tak ada lagi pancaran energi negatif yang kita terima. 

0 comments:

◄ Newer Post Older Post ►