Friday, April 26, 2013

Anda Tidak Mau bukan Tidak Bisa!



SamidCorner (Tegal) – Pembaca yang budiman. Anda pasti pernah(saya pribadi  juda pernah) mengalami kejadian dimana anda diminta untuk melakukan sesuatu yang menurut anda bukan merupakan keahlian atau anda tidak mampu melakukannya. Misalkan anda diminta untuk menjadi seorang marketing padahal anda tidak mampu apalagi  kalo anda tidak suka dengan pekerjaan menjual alias jadi sales, pasti anda akan mengatakan pada bos anda bahwa anda tidak bisa. Padahal jika anda memiliki kemauan apapun yang anda kerjakan pasti anda bisa kerjakan.


Kata tidak bisa yang anda utarakan sebenarnya adalah perasaan “tidak mau” untuk melakukan hal baru atau  bahkan asing bagi anda dan kehidupan anda. Tidak mau mencerminkan anda sudah malas untuk melakukan hal tersebut, apalagi bagi anda yang memiliki jiwa “money-oriented”. 

Pasti and akan berpikir ulang untuk melakukan hal baru diluar tugas anda. Biasanya neh ya (saya juga pernah berpikiran serupa) dalam hati anda akan muncul perasaan dongkol, kesal dan sebagainya karena anda berpikir apa yang diperintahkan oleh atasan anda adalah bukan sesuatu keahlian anda atau bahkan memang bukan perkerjaan anda. Dan tentunya akan diukur dengan  uang, “kalo saya kerjakan itu nanti saya dapet tambahan gak ya?”.

Pikiran tersebut timbul karena ada dorongan rasa tidak mau tadi. Coba jika anda katakan, “Ya saya bisa!”, tentu alam bawah sadar anda akan bekerja untuk mencari jalan keluar atas tugas baru yang anda terima. Dan efeknya memang bukan saat itu juga, tetapi di kemudian hari. Begitu juga yang saya alami, dan membuat saya sadar bahwa hal baru atau bukan keahlian anda sebaiknya anda jangan malas untuk mencoba walaupun terkadang gagal total. Hehehe..

Saya pernah mengalami ketika melamar pekerjaan di salah satu perusahaan showroom mobil, sewaktu interview, saya diminta oleh penguji untuk mencoba database dan sistem operasi yang benar-benar belum pernah saya pegang (waktu itu melamar pekerjaan menjadi IT administrator). Apa jawaban saya saat itu, saya bilang “Ya saya bisa menangani sistem operasi tersebut!”.  Nah, dari situlah saya belajar hal baru mengenal database baru dan sistem operasi baru.
Kemudian saya terapkan dalam pekerjaan dan hasilnya sekarang baru terasa dan saya butuhkan. Coba waktu itu saya bilang, “Wah, kalo ini saya tidak bisa, mending saya mundur saja”, mungkin saat ini saya tidak dapat beroleh keuntungan dari “modal-nekat” saya waktu itu.

Jadi intinya, tanamkan pada diri anda bahwa anda bisa, anda bisa dan anda bisa. Jika anda telah menanamkan rasa tersebut maka naluri anda untuk mencari penyelesaian masalah akan mudah timbul. Dan tentunya hal  baru yang anda peroleh dapat bermanfaat untuk diri anda. 

Jadi, mulai sekarang katakan : “YA SAYA BISA, SAYA AKAN MENCOBANYA!!”

0 comments:

◄ Newer Post Older Post ►