Thursday, May 2, 2013

Hikmah Jumat : Syukur akan nikmat Tuhan

SamidCorner (Tegal) – Pembaca yang budiman. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam yang telah menciptakan seluruh jagat raya ini. Segala nikmat dan karunia yang diberikannya sungguh tiada batas dan tak ada mampu yang menyaingi. Nikmat dan karunia yang tidak sanggup dihitung jumlahnya oleh makhluk ciptaanya senantiasa hadir di tiap detik relung kehidupan makhluk-Nya.

Luar biasa, setelah mendengarkan khutbah jumat saya kemudian kembali “muhasabah” diri. Melihat kembali diri ini sudah pantaskah saya disebut seorang hamba yang baik di mata Allah SWT. Syukur yang mempunyai esensi bukan hanya sekedar reaksi terhadap sebuah karunia dan nikmat. Tetapi sudah menjadi keharusan bagi setiap manusia dalam menjawab semua nikmat dan karunia yang diberikan.

Sudah banyak tertuang dalam firman-Nya tentang bagaimana syukur menjadi landasan utama dalam mendekatkan diri dengan-Nya atau dalam lingkungan “tasawuf” disebut wusul kepada Allah Ta’ala. Syukur menjadi fondasi bagi seorang muslim untuk senantiasa dapat berjalan pada rel kehidupan yang diridhoi oleh Nya. Jika hidup kita sudah mendapakan ridho darinya maka segala macam kegiatan yang kita lakukan akan selalu lurus di jalan-Nya.

Sudah syukurkah kita?
Pelajaran yang sungguh luar biasa bagi saya mendengar khutbah jumat tadi, betapa seperti teraduk-aduk batin ketika melihat kembali diri saya yang “aduh” bisa dikatakan sangat minim sekali lisan ini mengucapkan kalimat yang sangat simple “Alhamdulilla”. Sampai pada kegiatan yang paling ringanpun saya lalai mengucapkan kalimah ini.

Sudahkah diri kita menjaga agar senantiasa bibir kita basah dengan kalimah syukur, batin kita penuh dengan rasa syukur dan tubuh jasmani kita senantiasa aktif melakukan kegiatan yang mencerminkan rasa syukur? Sudah jelas dikatakan tadi bahwa syukur merupakan jalan / media menjadikan diri kita semakin dekat dengan Allah SWT. Maka jelaslah pula kita harus selalu bersyukur atas nikmat yang kita terima.

Saya mohon doa kepada pembaca semua, agar saya menjadi golongan orang yang senantiasa bersyukur atas nikmat  yang saya terima setiap detik kehidupan yang saya lalui. Dan saya doakan juga para pembaca sekalian, semoga anda semua menjadi orang yang selalu syukur atas nikmat Allah.Menjadi orang-orang yang dekat dengan-Nya dan dijadikan Allah SWT sebagai kekasih-kekasihnya serta ditempatkan pada tempat yang baik di akhirat kelak. Amin Ya Robbal ‘ alamin.

0 comments:

◄ Newer Post Older Post ►