Wednesday, May 1, 2013

Membagi kepentingan (sesuai dengan kebutuhan)


SamidCorner  (Tegal) – Pembaca yang budiman. Pengalaman saya mengatakan bahwa saya harus bisa membagi kepentingan sesuai dengan kebutuhan. Apa  maksudnya? Maksudnya adalah membagi sesuai prioritas dari keperluan tersebut. Membagi sesuai dengan “priority-grade, dimana semakin tinggi prioritasnya semakin tinggi pula kita taruh kepentingan tersebut.

Kepentingan yang bersifat biasa tentu akan kalah jauh dengan kepentingan yang segera atau mendesak. Sehingga akan terasa sangat “wagu” alias janggal jika antara keduanya terjadi saling silang. Keseimbangan hidup tak bisa dicapai. Oleh karena itu, kesimbangan membagi kepentingan sangat diperlukan.

Namun, terkadang bahkan seringya (termasuk saya sendiri)  kalah oleh keingingan yang menggebu dan lebih memilih jalan pintas. Sehingga kepentingan yang tidak menjadi prioritas utama lebih didahulukan dan kepentingan yang harusnya jauh lebih utama tidak dilaksanakan lantaran keinginan yang menggebu dan lebih beraroma sesaat saja yang mendominasi. Dan dampanya jelas, kekacauan dalam hidup terjadi, keseimbangan hidup tak pernah tercapai.

Ya, maka dari itulah kita belajar. Belajar untuk lebih memilih antara prioritas dan keinginan. Memilih untuk menjadi bijak dalam menentukan kepentingan. Sehingga keseimbangan hidup yang kita inginkan dapat terjapai. Semoga saya dan pembaca semua dapat mejadi orang  yang bijak dalam membagi kepentingan sesuai kebutuhan.

0 comments:

◄ Newer Post Older Post ►